Nama Lengkap Kamu :
Hobi Kamu :
Tanggal Lahir Kamu :
RAMALAN JODOH

Cari Zodiak Anda

Bulan Lahir Tanggal Lahir

ASAL-USUL PRIMBON JAWA

Apakah para pembaca buku primbon sudah mengenali dan memahami apa itu primbon dan ddari mana asal usul kitab primbon.berikut penulis gambarkan sedikit tentang asal-usul primbon jawa.
   Pernahkan anda tau tentang iklan primbon tentang seseorang yang tidak cocok kerja di unsur air.sekarang anda jangan cuma tahu tentang iklanya saja,anda harus tahu asal usul kitab primbon dan anda akan menemukan banyak hal yang belum anda ketahuai sebelumnya.
             Dan primbon jawa ini berbeda dengan zodiak yang anda pernah baca di dalam majalah.zaman dahulu masyarakat indonesia sangat menggantungkan hidupnya pada alam untuk bertahan hidup.merekapun terdorong dan mendalami,mencermati dan mempelajari gejala-gejala alam agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan terhindar dari kegagalan.
    Ingatan-ingatan itu kemudian di catat ketika orang jawa mulai mengenal tulisan.dahulu tulisan-tulisan tersebut di catan menggunkan daun tal(siwalan).nah ,karena tulisan daun tal tersebut,maka sering di sebut tulisan ron tal( dalam bahasa jawa,ron berarti daun) atau sering di pelesetkan menjadi lontar.
            Lama-kelamaan,catatan-catatan tersebut di tulis pula di atas kertas tradisional dari kulit kayu( dluwang gedong) kertas cina atau kertas eropa.

       Catatan-catatan fenomena alam yang polanya telah di uji berulang-ulang secara empiris tersebut,sebagian mulai di tata menjadi sistem penanggalan,sistem musim, dan sisi rasi bintang.sebagian lagi di pakemkan menjadi catatan tanda-tanda alam,seperti letak tahi lalat,kedutan,mimpi,dlsb.
      Selain utu pengetahuan obat-obatan dari alampun mulai di catatkan.begitu juga dengan ilmu kesaktian serta dongan dan cerita karangan kuno.
            Pada ahirnya karangan-karangan tersebut di kumpulkan menjadi satu buku induk tempat menyimpan pengetahuan penting yang disebut dengan primbon.primbon berasal dari kata bahasa jawa bon( mbon atau mpon) yang berarti induk,lalu kata tersebut mendapat awalan pri atau peri yang berfungsi meluaskan kata dasar.
       Jadi,buku primbon dapat di artikan sebagai induk dari kumpilan-kumpulan catatan pemikiran orang jawa.catatan-catatan yang memuat pengetahuan penting itu lalu di kumpulkan mejadi sebuah buku primbon yang menjadi sumber rujukan orang-orang jawa sejak zaman dahulu.untuk panduan menjalani kehidupan sehari-hari
      Primbon menjadi buku induk yang selalu menjadi pusat pencarian pengetahuan-pengetahuan kuno dan di anggap penting untuk di ketahui oleh anak cucu.

ASAL-USUL PRIMBON JAWA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kitab primbon

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Yang Tidak sesuai kebijakan,sara,spam dan link Promosi tidak akan Di tampilkan Dan akan Langsung Di hapus

Ikuti Primbon Di Facebook